Logo Bloomberg Technoz

Orang Indonesia Masih Getol Belanja di Ramadan Meski ada Inflasi

Krizia Putri Kinanti
12 April 2023 15:35

Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan Grand Indonesia di Jakarta. (Rony Zakaria/Bloomberg)
Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan Grand Indonesia di Jakarta. (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tingkat antusiasme dan konsumsi belanja masyarakat Indonesia meningkat selama Maret didorong oleh momentum Ramadan yang jatuh pada akhir bulan. Mandiri Institute mencatat tingkat belanja masyarakat kembali meningkat bulan lalu setelah mengalami normalisasi di Februari. 

Hal ini ditunjukkan oleh Mandiri Spending Index (MSI) di mana indeks nilai belanja di akhir Maret 2023 mencapai 136,4, tertinggi sejak Januari lalu. Dengan tingkat belanja rata-rata tumbuh sebesar 4%. 

“Tren kenaikan belanja berlangsung sejak akhir Februari dan mengalami akselerasi seiring dimulainya bulan Ramadan di akhir Maret,” ujar Head of Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono dalam keterangan resmi, Rabu, 12 April 2023.

Mandiri Institute mencatat belanja-belanja di supermarket, restoran, department store, atau barang-barang terkait fesyen cenderung meningkat signifikan di sepanjang Maret. 
 
Selain barang-barang konsumsi, belanja terkait mobilitas juga meningkat, baik dalam tren jangka pendek maupun jangka menengah. Belanja beberapa barang tahan lama seperti perlengkapan rumah tangga dan barang-barang elektronik juga tercatat meningkat.

Menurutnya, penghapusan pembatasan mobilitas masyarakat (PPKM) sejak awal tahun mendorong meningkatnya aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas ekonomi.

Konsumsi domestik seharusnya bisa mengungkit perekonomian RI (Bloomberg)