Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Naik di Awal Pekan, Pasar Fokus ke Pasokan

News
10 April 2023 07:32

Ilustrasi produksi minyak (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi produksi minyak (Sumber: Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak dunia naik pada pembukaan pekan ini menyusul penilaian para trader mengenai tantangan pasokan setelah keputusan penurunan produksi tak terduga oleh OPEC+.

West Texas Intermediate (WTI) naik di atas US$ 81 per barel setelah reli hampir 7% pekan lalu menyusul langkah Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya tersebut. Turki akan bernegosiasi dengan Irak mengenai penyelesaian soal penghentian ekspor sekitar 400.000 barel per hari untuk dibuka kembali, menurut dua pejabat Turki yang mengetahui perihal tersebut. 

Sumber: Bloomberg

Sementara itu., Kementerian Energi Rusia mengatakan bahwa negara itu mengurangi produksi minyaknya sekitar 700.000 barel per hari pada bulan lalu, menurut seorang sumber yang mengetahui data tersebut. Namun demikian, angka tersebut tidak sesuai dengan indikator pada ekspor lintas laut bulan Maret dan pasokan ke kilang dalam negeri.

Minyak mentah mengikuti kenaikan tiga mingguannya yang terpanjang tahun ini. Sementara keputusan OPEC+ telah menghidupkan kembali bullish pada harga minyak, beberapa indikator permintaan menunjukkan tanda-tanda kelemahan menyusul kekhawatiran perlambatan terus berlanjut.