Logo Bloomberg Technoz

Harga CPO Melambung, Dipicu Kenaikan Minyak Mentah

News
03 April 2023 11:51

Biodiesel berbasis minyak kelapa sawit. (Dok. Bloomberg)
Biodiesel berbasis minyak kelapa sawit. (Dok. Bloomberg)

Anuradha Raghu - Bloomberg News

Bloomberg - Kenaikan harga minyak dunia mengawali pekan ini karena keputusan pemangkasan produksi minyak mentah oleh OPEC+ turut mengerek harga crude palm oil (CPO) alias minyak kelapa sawit mentah. Di bursa komoditi Kuala Lumpur Malaysia, kontrak berjangka CPO untuk pengiriman Juni 2023, harganya meroket hingga 3,4%, kenaikan tertinggi intraday sejak awal Maret. Sementara harga minyak dunia, West Texas Intermediate (WTI) naik 8% hari ini.

Kenaikan harga minyak kelapa sawit mentah itu menghentikan penurunan harga yang terjadi pekan lalu ketika CPO mencatat pelemahan harga bulanan tercuram dalam 6 bulan terakhir menyusul kekhawatiran atas permintaan yang melemah dan kejatuhan harga minyak nabati yang menjadi substitusinya.

“Aksi beli besar-besaran yang dipicu oleh minyak mentah telah membuat kontrak berjangka sawit ikut terkerek,” kata Sathia Varga, Analis Senior Fast Market Palm Oil Analytics.

Minyak kelapa sawit mentah (CPO) melesat ke level tertinggi dalam dua pekan terakhir (Bloomberg)

Kenaikan harga minyak mentah akan membuat permintaan dan penggunaan minyak biodiesel di mana CPO menjadi bahan baku akan jadi lebih menarik.