Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Turun Tangan, Kerja Bea Cukai Diharap Lebih Cepat Membaik

Muhammad Fikri
16 May 2024 08:56

Gedung Bea Cukai ( Dok beacukai.go.id )
Gedung Bea Cukai ( Dok beacukai.go.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berharap keterlibatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mempercepat perbaikan kinerja Direktorat Jenderal Bea Cukai (Ditjen Bea Cukai).

Pernyataan ini disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo menanggapi pernyataan Presiden Jokowi yang memastikan akan turun tangan untuk mengatasi sejumlah persoalan di Ditjen Bea Cukai.

Sebelumnya, viral di media sosial terkait sejumlah keluhan masyarakat terkait kinerja Ditjen Bea Cukai. Sebagian besar mengeluhkan pengenaan bea masuk yang lebih tinggi dari harga barang atau yang seharusnya, juga pelanggaran aturan.

“[Kemenkeu] menyambut baik bapak presiden berkenan untuk turun tangan, karena untuk porsi kemenkeu sudah dibawa ke rapim dan sudah ada komitmen untuk menuntaskan sampai ke regulasi,” kata Yustinus di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2024).

Prastowo juga mengatakan bahwa terlibatnya Kepala Negara tentu akan membantu percepatan serta perbaikan kinerja Bea Cukai. Selanjutnya, Prastowo mengatakan bahwa pengawasan pada sejumlah barang impor terdapat keterlibatan dari kementerian/lembaga lain.