Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Naik karena Ketegangan Timur Tengah Meningkat

News
07 May 2024 07:40

Ilustrasi minyak dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi minyak dunia. (Dok: Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Minyak naik untuk hari kedua di tengah ketegangan di Timur Tengah, dengan Israel menolak proposal gencatan senjata untuk Jalur Gaza, dan suasana risk-on yang membantu mengangkat pasar keuangan yang lebih luas.

Patokan global Brent naik menuju US$84 per barel setelah kenaikan 0,5% pada Senin, sementara West Texas Intermediate mendekati US$79. Kabinet perang Israel menolak proposal gencatan senjata yang disetujui oleh Hamas. Negara Yahudi ini bersumpah untuk melanjutkan operasi militer di Rafah, sebuah kota besar di Gaza.

Kenaikan minyak mentah terjadi setelah saham-saham AS menguat pada Senin di tengah optimisme bahwa Federal Reserve akan mulai memangkas suku bunga tahun ini. Biaya pinjaman AS yang lebih rendah seharusnya menjadi nilai tambah bagi permintaan energi negara tersebut.

Oil rise amid mideast tensions. (Dok: Bloomberg)

Minyak mendapatkan kembali beberapa keuntungan setelah membukukan penurunan mingguan terburuknya sejak Februari. Harga tetap lebih tinggi secara year-to-date karena pemangkasan produksi OPEC+ telah memperketat pasar. Sementara kartel ini diperkirakan akan menjaga pasokan tetap ketat, prospek permintaan menjadi suram, dengan diesel menunjukkan tanda-tanda pelemahan.