Logo Bloomberg Technoz

Biden juga menyerukan tarif yang lebih tinggi untuk baja dan aluminium China, bagian dari serangkaian langkah untuk menopang sektor baja Amerika termasuk janji presiden bahwa Nippon Steel Corp Jepang tidak akan berhasil mengakuisisi United States Steel Corp yang berbasis di Pittsburgh.

Tarif tersebut akan membuat AS memberlakukan pungutan baru sebesar 25% terhadap produk baja dan aluminium China sebagai bagian dari tinjauan yang sedang berlangsung, sementara pemerintahannya juga meluncurkan penyelidikan resmi terhadap industri pembuatan kapal China. Kementerian Perdagangan China pada Rabu mengecam tinjauan AS, dengan mengatakan bahwa tinjauan tersebut "penuh dengan tuduhan palsu" dan "didasarkan pada kebutuhan politik dalam negeri."

Biden juga mengkritik Trump atas kebijakannya terhadap Beijing selama menjabat.

"Trump sama sekali tidak mengerti," kata Biden, dan mengklaim bahwa tidak benar untuk melihat China sebagai negara yang sedang naik daun dan AS tertinggal. Ketika ditanya saat meninggalkan Pittsburgh apakah tarif baja akan merusak hubungan dengan Xi, Biden menjawab "tidak."

Para pejabat China baru-baru ini berusaha meningkatkan kepercayaan investor di luar negeri, setelah bertahun-tahun pembatasan pandemi yang ketat dan kontrol keamanan nasional yang lebih ketat merusak sentimen. Investasi langsung bisnis asing ke China merosot ke level terendah dalam 30 tahun terakhir pada tahun 2023, menggarisbawahi tantangan yang dihadapi Beijing.

Pemerintah Xi telah memperluas akses bebas visa ke berbagai negara Eropa dan Asia akhir-akhir ini, setelah ia menjanjikan langkah-langkah "menghangatkan hati" bagi para investor tahun lalu saat berkunjung ke AS.

Namun, sejauh ini China masih kesulitan untuk menarik kembali orang asing setelah menutup negara itu selama pandemi: Pusat bisnis Shanghai mengalami penurunan 44% pengunjung asing dalam dua bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019.

Impor juga lemah, dengan jatuhnya harga komoditas dan lemahnya permintaan domestik karena krisis pasar perumahan dan masalah lain yang merusak pembelian barang asing oleh China. Impor naik 1,5% dalam tiga bulan pertama tahun ini, setelah penurunan 5,5% tahun lalu.

Biden juga bersumpah untuk melanjutkan upaya-upaya untuk menolak teknologi canggih China seperti cip komputer, yang telah mendorong Xi untuk berinvestasi untuk menjadi lebih mandiri.

"Teknologi tersebut tidak dapat dikirim ke China karena akan merusak keamanan nasional kita," kata Biden. "Ketika saya berbicara dengan Xi Jinping, dia bertanya, 'Mengapa? Dan saya berkata, 'Karena Anda akan menggunakannya untuk semua alasan yang salah, jadi Anda tidak akan mendapatkan cip komputer canggih itu."

(bbn)

No more pages