Logo Bloomberg Technoz

MK soal Jokowi Kunker Bagi Bansos: Apa Ada Menteri Ingatkan?

Mis Fransiska Dewi
05 April 2024 13:25

Wakil Ketua MK Saldi Isra saat sidang di Mahkamah Konstitusi, Senin (16/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wakil Ketua MK Saldi Isra saat sidang di Mahkamah Konstitusi, Senin (16/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hakim Mahkamah Konstitusi Saldi Isra mencecar pertanyaan kepada empat menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) sengketa Pilpres 2024.

Saldi mengungkapkan bahwa kedua dalil pemohon yakni paslon 01 dan 03 sama-sama mencantumkan perjalanan Jokowi dalam kunjungan kerja pembagian bantuan sosial lebih banyak bertumpu di Jawa Tengah.

“Apa sih kira-kira yang menjadi pertimbangan presiden memilih misalnya ke Jawa Tengah itu lebih banyak kunjungannya dibandingkan ke tempat lain? ini yang berkaitan dengan kunjungan yang ada pendistribusian bansosnya,” kata Saldi meminta empat menteri menjelaskan hal itu, Jumat (5/4/2024).

Saldi juga mempertanyakan dalam pertemuan-pertemuan sejumlah menteri membahas bantuan sosial apakah ada menteri yang mengingatkan Jokowi saat menjalankan agenda APBN diterjemahkan dalam agenda politik.

Presiden Jokowi membagikan bansos pangan tahap kedua di gedung Bulog Dramaga, Bogor, Senin (11/9/2023).

“Ada nggak warning (mengingatkan) dari yang melakukan pertemuan ini terutama warning yang berkaitan dengan sensitivitas suasana pemilu? Jadi misalnya ada yang mengingatkan kita harus hati-hati,” kata Saldi.