Logo Bloomberg Technoz

Risma Tak Usul BLT El Nino, Sri Mulyani Sebut Muncul di Ratas

Dovana Hasiana
05 April 2024 13:00

Presiden Jokowi bagikan bansos BLT di Manado, Sulut (YouTube Setpres)
Presiden Jokowi bagikan bansos BLT di Manado, Sulut (YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengaku tidak pernah mengusulkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino. Pernyataan itu disampaikan dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pada hari ini, Jumat (5/4/2024) untuk menjawab pertanyaan dari Pimpinan Mahkamah Konstitusi Suhartoyo.

Risma mengatakan, Kemensos tidak pernah mengusulkan program BLT El Nino lantaran institusinya tidak mengetahui dengan pasti mengenai kapasitas dan kondisi makroekonomi Indonesia.

“Kami tidak berani usulkan karena kami tidak tahu kondisi keuangan atau tidak, kami tidak berani. Biasanya diadakan rapat, kemudian disepakati apa, karena kami tidak berani. Kami tidak tahu kondisi makro masalahnya. Ya, tidak ada mengusulkan,” ujar Risma dalam sidang PHPU, Jumat (5/4/2024).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bantuan El Nino, baik bantuan pangan hingga BLT, diputuskan dalam rapat terbatas (ratas) antara Presiden Joko Widodo bersama dengan beberapa menteri.

Menteri Sosial Tri Rismaharini saat sidang PPHU Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Dalam ratas yang dilaksanakan pada 6 November 2023 itu, Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah setidaknya melakukan pembahasan mengenai dua hal. Pertama, basis data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), di mana adanya pengumpulan data dari seluruh rumah tangga di Indonesia.