Logo Bloomberg Technoz

“Dalam rapat seperti itu diingatkan supaya pemaknaan atau penafsiran berbagai pihak bahwa ini ada kaitannya dengan politik atau tidak. Pernah diingatkan ndak?,” ujar Saldi menambahkan.

Diketahui, pemohon paslon 01 dan 03 memaparkan bahwa Jokowi mengunjungi sejumlah daerah ke kantong pemilihan disertai dengan pembagian bansos untuk pemenangan Prabowo-Gibran. Kunjungan tersebut dilakukan sejak 22 Oktober 2023- 10 Februari 2024. Sebanyak 16 kunjungan dari total kunjungan Jokowi berada di wilayah Jawa Tengah.

Wilayah tersebut yakni, Pekalongan, Purworejo, Cilacap, Banyumas, Kabupaten Tegal, Salatiga, Grobogan, Kota Magelang, Temanggung, Wonosobo, Blora, Srage, Kabupaten Magelang, Klaten, Wonogiri, dan Sukoharjo.

Hari ini Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dimintai keterangan dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk dimintai keterangan oleh MK berkaitan dengan dalil-dalil permohonan mengenai adanya hubungan pemberian bantuan sosial (bansos) dengan pemenangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Mereka memberikan keterangan sekaligus untuk dua permohonan yaitu Perkara Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 yang diajukan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Perkara Nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024 yang dimohonkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

(mfd/roy)

No more pages