Logo Bloomberg Technoz

Luhut-Paloh Makan Siang, Koalisi di Pemilu Dinilai Masih Cair

Sultan Ibnu Affan
15 March 2023 09:21

Pertemuan Luhut Pandjaitan dan Surya Paloh di NasDem Tower. (Dok DPP NasDem)
Pertemuan Luhut Pandjaitan dan Surya Paloh di NasDem Tower. (Dok DPP NasDem)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di NasDem Tower pada Selasa siang (15/3/2023). Keduanya makan siang bersama di gedung DPP Partai NasDem tersebut. Pertemuan Surya dan Luhut memang bukan yang pertama tahun ini. Mereka juga sempat bertemu pada Januari 2023 lalu saat berada di London, Inggris.

Sosok pertemuan keduanya kemudian dimaknai sebagai pertemuan king maker. Hal ini disampaikan pakar politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lili Romli. Meskipun dalam hal ini Luhut bukan pimpinan partai, namun di pemerintahan Jokowi diketahui Luhut andil dalam pemenangan. Pula dia menjadi orang kepercayaan presiden. Oleh karena itu pertemuan keduanya dianggap sangat kental nuansa politiknya. Apalagi beberapa waktu belakangan Surya Paloh memang getol melakukan safari politik.

Pertemuan itu, kata dia juga bisa membahas pencalonan presiden Anies Baswedan yang sudah diusung Koalisi Perubahan, yakni Partai NasDem, PKS dan Partai Demokrat.

"Jadi saya kira ini kan memang safari yang dilakukan oleh pak Surya Paloh dalam rangka saya kira tidak lepas dari pencapresan Anies Baswedan. Meskipun mereka berbeda pendapat dalam hal mengusung kandidat, mungkin mereka untuk saling meyakinkan tentang kandidat-kandidat yang diusungnya itu," kata Lili Romli saat dihubungi Bloomberg Technoz pada Selasa malam (15/3/2023).

Pertemuan Luhut Pandjaitan dan Surya Paloh di NasDem Tower. (Dok DPP NasDem)

Kemudian kata dia, pertemuan demikian dilakukan agar di pemilu berikutnya tidak terjadi polarisasi yang tajam seperti yang pernah terjadi sebelumnya. Lili berharap bahwa pertemuan itu bukan soal hal-hal transaksional di politik.