Logo Bloomberg Technoz

Surya Paloh-Airlangga Bertemu, Jokowi: Itu Urusan Partai

Ezra Sihite
03 February 2023 09:38

Presiden Jokowi di Sentra Tenun Jembrana, Bali (Humas Setkab/Jay)
Presiden Jokowi di Sentra Tenun Jembrana, Bali (Humas Setkab/Jay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan ke Sentra Tenun Jembrana, Bali sempat merespons soal pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di DPP Partai Golkar. Namun demikian, Jokowi irit bicara saat ditanyakan tanggapan mengenai pertemuan dua pucuk pimpinan partai yang masuk dalam koalisi partai pendukung pemerintahan Jokowi itu.

"Ah itu urusan partai, itu urusan partai. Urusan politik, urusan partai," kata Presiden Jokowi di kawasan Sentra Tenun Jembrana, Bali pada Kamis (2/2/2023) seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (3/2/2023).

Sementara mengenai kedatangannya ke Sentra Tenun Jembrana yang baru pertama kali dikunjungi Presiden, dia mengatakan sangat menghargai pemerintah setempat yang bisa mengembangkan industri kecil tenun dan songket. Hal ini akan mendorong majunya industri kreatif.

Ketum Partai NasDem, Surya Paloh dan Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di DPP Golkar, Rabu (1/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Sementara pada Rabu (1/2/2023) diketahui Ketua Umum Surya Paloh menyambangi kantor DPP Partai Golkar di kawasan Slipi, Jakarta. Usai pertemuan, Surya Paloh bersama dengan Airlangga Hartarto melakukan konferensi pers. Pada dasarnya kata Surya komunikasi itu dilakukan sebagai sesama partai koalisi pendukung pemerintahan Presiden Jokowi. NasDem kata dia berkomitmen untuk mengawal pemerintahan hingga tuntas dan sudah bersama dengan Jokowi sejak awal. Sekalipun relasi NasDem dan Jokowi sempat diterpa isu perombakan kabinet (reshuffle) terhadap menteri dari partai itu, namun Surya mengatakan hubunga dengan Presiden Jokowi tetap baik.

"Keberadaan Partai NasDem masih bagian yang tak bisa dilepaskan dari jalannya administratif pemerintahan pak Jokowi. NasDem amat berkepentingan dari seluruh apa yang dilakukan. Pemerintahan ini adalah pemerintahan yang wajib hukumnya bagi kita menyukseskan hingga selesai. Ini mempertegas sikap kami," kata Surya Paloh.