Logo Bloomberg Technoz

Keluar dari Pertamina, Ahok Belum Dapat Tugas Baru dari PDIP

Muhammad Fikri
05 February 2024 06:45

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Tangkapan Layar Instagram @basukibtp)
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Tangkapan Layar Instagram @basukibtp)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan partainya belum menetapkan penugasan khusus bagi Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pascakeputusannya mundur dari kursi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) pekan lalu.

“Penugasan khusus tidak ada, karena Pak Ahok bukan masuk di dalam Tim Pemenangan Nasional [TPN Ganjar-Mahfud], tetapi Pak Ahok menggunakan seluruh tanggung jawab moralnya bagi pemimpin yang baik, jujur, yang bisa tidur di rumah rakyat, yaitu; Pak Ganjar [Pranowo] dan Mahfud MD,” ujarnya ditemui usai acara debat Pilpres 2024 putaran terakhir di JCC Senayan, Minggu (4/2/2024) malam.

Ahok sebelumnya mengungkap alasan dirinya melepas jabatan Komisaris Utama Pertamina. Dia mengeklaim sudah lama ingin hengkang dari badan usaha milik negara (BUMN) sektor migas tersebut.

"Sebenarnya sudah lama ingin mundur, tapi RUPS [Rapat Umum Pemegang Saham] nya mundur," kata Ahok di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), akhir pekan lalu.

Sebelum mundur, Mantan Gubernur Jakarta tersebut ternyata ingin memastikan rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) yang dirancangnya lebih dulu masuk dan disahkan melalui RUPS. Hal ini penting untuk memastikan keberlanjutan pembenahan di tubuh perusahaan pelat merah tersebut.