Logo Bloomberg Technoz

Dukung Ganjar-Mahfud, Ahok Fokus Kampanye di Jakarta

Azura Yumna Ramadani Purnama
03 February 2024 19:15

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat di Konser Salam Metal GBK, Sabtu (3/2/2024). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat di Konser Salam Metal GBK, Sabtu (3/2/2024). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan mulai berkampanye untuk pemenangan pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hal ini bisa dia lakukan karena sudah melepas jabatan sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

"Saya fokus kampanye khususnya di Jakarta," kata Ahok di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (3/2/2024).

Ahok sendiri memiliki basis pendukung di area DKI Jakarta. Hal ini didapatnya saat dia bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon gubernur dan wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2012.

Dia menjabat sebagai wakil gubernur selama dua tahun hingga menggantikan Jokowi yang dilantik menjadi presiden pada Oktober 2014. Selama menjabat, dia menerapkan sejumlah kebijakan kontroversial yang menuai dukungan dan juga kritik.

Ahok sebenarnya berniat memperpanjang jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta melalui Pilkada 2017. Akan tetapi, kemenangannya gagal usai tersandung kasus penistaan agama. Hal ini membuat lawannya, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Uno mendapat simpati dan dukungan sehingga menjadi pemimpin DKI Jakarta yang baru.

Foto Capres Ganjar Pranowo (Diolah/Bloomberg Technoz)