Logo Bloomberg Technoz

Tak Hanya Kemenkeu, Mahfud Ungkap Transaksi Janggal di Banyak K/L

Sultan Ibnu Affan
11 March 2023 16:41

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan telah memiliki data pencucian uang yang dilakukan di berbagai instansi kementerian selain di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Saya ingatkan di sini di kementerian lain kita juga punya banyak data tentang ini. Jangan merasa Anda sudah wajar. Tapi ini ada semua uang-uang yang dekat dengan Anda, perusahaan yang dekat Anda dan seterusnya,” kata Mahfud dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat dikutip melalui kanal resmi Kemenkeu, Sabtu (11/3/2023).

Pernyataan tersebut ia sampaikan merespons soal dugaan kasus pencucian uang di lingkungan pegawai pajak dan bea cukai yang disinyalir mencapai Rp 300 triliun. Hal tersebut berdasarkan data Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Saya ingatkan kepada K/L (kementerian/lembaga) yang sekarang, di kementerian yang kayak gini ini, banyak,” lanjut Mahfud.

Ia juga mengungkap soal modus yang banyak dilakukan oleh kementerian dan lembaga untuk melakukan pencucian uang. Modusnya, banyak perusahaan cangkang yang dibuat sendiri oleh pegawai proyek namun perusahaan tersebut tidak ada pelanggannya.