Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Dibuka Stagnan Masih di Kisaran Rp15.600-an Pagi Ini

Tim Riset Bloomberg Technoz
19 January 2024 09:14

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah dibuka stagnan seirama dengan mata uang di kawasan Asia dalam perdagangan di pasar spot, Jumat pagi (19/1/2024) di tengah pergerakan pasar global yang masih dibebani penurunan ekspektasi pivot bunga bank sentral Amerika Serikat (AS).

Rupiah beringsut menyentuh ke posisi Rp15.618/US$, naik nilainya tipis 0,04% dari posisi penutupan hari sebelumnya. Namun, setelah itu pergerakan rupiah stagnan di Rp15.623/US$. Pergerakan rupiah sejalan dengan mayoritas mata yang kawasan yang juga bergerak di kisaran sempit.

Dolar Taiwan memimpin penguatan dengan mencetak penguatan lebih besar hingga 0,43%, disusul oleh won Korea Selatan menguat 0,2%, lalu ringgit Malaysia menguat 0,1% juga peso Filipina bergerak tipis 0,05%.

Sejauh ini hanya baht Thailand, dong Vietnam dan dolar Hong Kong yang masih tergerus kekuatan dolar AS.

Dolar AS pagi ini bergerak melemah di Asia setelah ditutup kuat semalam melanjutkan reli penguatan sejak pekan lalu. Para pemodal global masih berada di tengah situasi harus menerima kenyataan bahwa pivot bunga The Fed tidak secepat yang diperkirakan.