Logo Bloomberg Technoz

“Sehubungan dengan penurunan inflasi AS, terutama inflasi inti, hal ini akan tetap mendukung selera risiko global dan Amerika Latin pada khususnya,” kata Delgado.

Peso Meksiko Capai Level Paling Kuat dalam 4 Bulan

Peso Meksiko menguat 0,3% dan menyentuh level terkuatnya sejak akhir Agustus. Kenaikan suku bunga AS membuat nilai tukar peso terlihat lebih menarik setelah risalah kebijakan minggu lalu menunjukkan para bankir sentral Meksiko tidak terburu-buru memotong biaya pinjaman, kata Miguel Iturribarria dari BBVA Meksiko.

“Pasar memperkirakan data inflasi minggu ini dapat membuka pintu bagi Fed yang lebih dovish,” katanya. Namun, dia mengatakan terlalu dini untuk memikirkan penurunan suku bunga, dan dia terus memperkirakan akan terjadi volatilitas pada peso dalam beberapa bulan mendatang.

Di sisi lain, peso Chile mengalami penurunan terbesar di antara mata uang negara-negara berkembang, dengan penurunan 1,7% dan mencapai level terendah sejak pertengahan November. Harga konsumen turun dalam penurunan bulanan terbesar dalam lebih dari satu dekade pada bulan Desember, badan statistik nasional melaporkan pada hari Senin.

Delgado dari Societe Generale mengatakan data tersebut menguatkan ekspektasi penurunan suku bunga setidaknya 75 basis poin pada akhir bulan. Hal ini juga meningkatkan peluang pemotongan yang lebih besar yang dapat melemahkan permintaan mata uang tersebut, katanya.

Baht Thailand turun 0,9% setelah Perdana Menteri Srettha Thavisin mendesak bank sentral untuk mempertimbangkan menurunkan biaya pinjaman untuk mendukung perekonomian. Laju pemulihan Thailand dari pandemi ini termasuk yang paling lambat di Asia Tenggara.

Sementara itu, ukuran MSCI untuk ekuitas negara-negara berkembang turun di bawah 1.000 poin indeks ke level intraday terendah sejak 26 Desember, terbebani oleh saham-saham Asia dengan sentimen yang masih negatif di Tiongkok.

Pangsa China dalam indeks MSCI telah turun ke level terendah sejak tahun 2017, hal ini menunjukkan betapa bearish-nya prospek negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini berbeda dengan negara-negara berkembang lainnya.

Namun, ekonom HSBC Holdings yang dipimpin oleh Jing Liu menulis bahwa 2024 akan lebih baik bagi China, dengan soft landing di sektor properti, peningkatan koordinasi kebijakan fiskal, dan penurunan tekanan inflasi, semuanya mendukung pertumbuhan.

Saham perbankan Turki melonjak setelah Bank of America Securities mencatat peningkatan minat investor. Indeks MSCI untuk penyedia jasa keuangan Turki naik 8,6% ke rekor tertinggi dalam kenaikan satu hari terbesar sejak bulan Mei.

Arab Saudi muncul sebagai pendatang baru dalam daftar peminjam negara berkembang yang memanfaatkan investor obligasi dengan kecepatan tertinggi di awal tahun. Kerajaan ini bergabung dengan Meksiko, Indonesia, dan Polandia, yang sejauh ini telah menerbitkan obligasi senilai hampir $25 miliar pada tahun 2024.

(bbn)

No more pages