Logo Bloomberg Technoz

Menkominfo Soal Data Pemilu Bocor: Apa Sih yang Dikhawatirkan?

Dovana Hasiana
06 December 2023 19:40

Ilustrasi Hacker (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Hacker (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mempertanyakan masyarakat Indonesia yang khawatir soal Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang diduga bocor.

Menurut Budi, DPT hanya berupa data tentang tanggal lahir dan tempat pemungutan suara (TPS), sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Halah itu data biasa aja, [yang bocor] tempat tanggal lahir, TPS, apa sih yang dikhawatirkan? Kalau kamu ketahuan ada dana kamu, tabungan kamu berapa, cewek simpanan kamu siapa, itu baru [khawatir],” ujar Budi saat ditemui usai agenda Peluncuran Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030, Rabu (6/12/2023).

Budi juga menepis pernyataan bahwa situs jejaring Komisi Pemilihan Umum (KPU) diretas, melainkan datanya hanya dicuri karena motif ekonomi.

“Tidak [diretas], ini motifnya ekonomi. Pemegang DPT siapa aja? KPU dan semua peserta pemilu dapat kan? Ya udah. Udah lah, ini kan udah beres, ini motif ekonomi aja kok, tidak ada politik dan lain-lain,” ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Dok: Kominfo)