Logo Bloomberg Technoz

Daftar Ketua KPK yang Pernah Tersangka, Antasari hingga Firli

Pramesti Regita Cindy
23 November 2023 08:25

Ketua KPK, Firli Bahuri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ketua KPK, Firli Bahuri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua KPK Firli Bahuri bukan yang pertama yang menjadi tersangka hukum atau pesakitan oleh polisi. Sebelumnya ada juga Ketua KPK Antasari Azhar dan juga Ketua KPK Abraham Samad. Namun kasus mereka memang berbeda-beda.

Pekan ini, Ketua KPK Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi terkait Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Firli ditetapkan sebagai tersangka usai diperiksa dua kali dan rumahnya digeledah oleh Polda Metro Jaya.

Abraham Samad

Selain Firli, sebelumnya Ketua KPK Abraham Samad juga pernah ditetapkan sebagai tersangka semasa masih menjabat. Samad dijadikan tersangka oleh polisi dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen. Samad menjadi tersangka oleh Polda Sulselbar pada 17 Februari 2015.

Abraham Samad (Tangkapan Layar Instagram @abrahamsamad_)

Pemalsuan dokumen menyeret nama seseorang bernama Feriyani Lim, warga Pontianak, Kalimantan Barat yang menjadi tersangka pemalsuan dokumen paspor. Saat mengajukan permohonan paspor pada 2007 lalu, Feriyani Lim memalsukan dokumen dan masuk dalam kartu keluarga Abraham Samad yang beralamat di Boulevard, Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang, Makassar. Hal ini membuat Samad terseret.