Logo Bloomberg Technoz

Usai Firli Bahuri Diperiksa Bareskrim, Ajudannya Ditarik

Andrean Kristianto
25 October 2023 16:00

Ketua KPK, Firli Bahuri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ketua KPK, Firli Bahuri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mabes Polri menarik anggota polisi Kevin Egananta Joshua dari tugasnya sebagai ajudan atau aide de camp (Adc) Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Lulusan akademi polisi (Akpol) 2018 tersebut kini bertugas di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

"Betul bahwa ajudan Ketua KPK saudara FB [Firli Bahuri] telah ditarik ke Polri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Humas Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan melalui pesan singkat, Rabu (25/10/2023).

Meski demikian, Ramadhan tak memberikan penjelasan lebih detail tentang alasan Kepolisian menarik ajudan Firli. 

Pada saat ini tim gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim memang tengah mengusut dugaan penerimaan gratifikasi dan tindak pemerasan yang dilakukan bos Kevin tersebut. Bahkan, penyidik telah menaikan status kasus ini ke tingkat penyidikan atau memiliki indikasi adanya tersangka dan tindak pidana.

Pelaporan terhadap Firli kabarnya diajukan oleh mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau Mentan SYL. Dia bersama sejumlah anak buahnya di Kementerian Pertanian bersaksi tentang aksi pemerasan Firli.

Mobil Firli Bahuri di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (24/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)