Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, para manajer aset mengantre untuk mendapatkan akses ke imbal hasil yang lebih besar. Mereka juga menyukai diversifikasi portofolio yang ditawarkan oleh obligasi CAT, karena instrumen ini tidak berkorelasi dengan ekuitas atau pasar pendapatan tetap lainnya. 

Schroders AG dan GAM Investments dari Swiss mengelola dana obligasi CAT terbesar, menurut Morningstar Inc. Credit Suisse, Amundi Asset Management dan Axa Investment Managers juga aktif di pasar.

Namun, investor harus berani menghadapi berbagai macam risiko yang semakin meningkat di dunia yang pola cuacanya berubah akibat perubahan iklim. 

Investor obligasi CAT menghasilkan uang selama bencana tertentu yang dijelaskan dalam persyaratan obligasi - seperti badai, banjir ekstrem, atau gempa bumi - tidak terjadi. Jika terjadi, pemegang obligasi dapat kehilangan sebagian atau seluruh uang mereka, yang kemudian digunakan untuk menutupi biaya kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana alam.

Imbal hasil meningkat karena kenaikan suku bunga Treasury AS secara otomatis diteruskan ke kupon obligasi, yang merupakan instrumen dengan suku bunga mengambang. Investor juga melihat premi yang lebih besar untuk mengambil risiko yang semakin besar dari peristiwa cuaca buruk. Dan syarat-syarat yang mendefinisikan peristiwa pemicu telah diperketat.

"Telah terjadi penetapan harga ulang risiko bencana di seluruh dunia, terutama di tempat-tempat seperti California, Florida, dan Australia," kata Steve Evans, pemilik Artemis, sebuah perusahaan yang melacak pasar obligasi dan sekuritas yang terkait dengan asuransi.

"Potensi imbal hasilnya meningkat sekitar dua kali lipat dalam satu dekade terakhir."

Begini Cara Kerja Obligasi CAT:

Sebuah reasuransi atau perusahaan menerbitkan obligasi ketika mereka ingin menyebarkan risiko bencana tertentu kepada para pelaku pasar modal. Investor akan dibayar penuh jika kejadian tersebut, didefinisikan dengan cermat dalam hal tingkat keparahan atau dampaknya terhadap sponsor, atau metrik seperti kecepatan angin yang tepat, gagal terwujud.

Beberapa spekulasi terbesar bencana berfokus pada badai angin berkecepatan tinggi, terutama di Florida. Jika bencana yang ditetapkan benar-benar terjadi, investor dapat kehilangan sebagian atau seluruh uang mereka. Perusahaan asuransi kemudian menggunakan dana yang hangus untuk membantu membayar klaim.

Investor dibayar dengan kupon mengambang, sering kali berdasarkan suku bunga Treasury AS, ditambah premi untuk mengambil risiko bencana. Atas dasar itu, total imbal hasil indeks Swiss Re naik menjadi 7,55% pada pertengahan Mei dari 5% pada akhir kuartal pertama, menandai imbal hasil tahunan tertinggi dalam satu dekade. Sekarang imbal hasil rata-rata melebihi 16%, menurut Swiss Re. 

Setahun yang lalu, kondisi investasi masih kurang baik. Imbal hasil berkisar antara 2,8% dan 5,8% selama periode 2018 hingga 2021, menurut indeks obligasi Swiss Re. Suasana berubah pada tahun 2022 ketika Badai Ian menghantam Florida, menyebabkan kerugian asuransi lebih dari $50 miliar.

Beberapa investor kehilangan uang dan ukuran transaksi menyusut.

"Itu adalah peristiwa yang cukup besar," kata Paul Schultz, kepala eksekutif Aon Securities, sebuah bank investasi yang mengatur transaksi cat bond.

Secara keseluruhan, kenaikan inflasi, biaya terkait mata uang yang lebih tinggi, dan dampak dari Ian "menyebabkan penetapan harga ulang risiko yang signifikan," kata Schultz.  Dan repricing tersebut telah menggembleng pasar. 

Tahun ini, para investor obligasi sebagian besar terhindar dari peristiwa-peristiwa pemicu utama. Analis di Citigroup Inc. memperkirakan total kerugian yang diasuransikan pada kuartal ketiga mencapai sekitar $17 miliar, yang lebih rendah dari biasanya "untuk periode aktif ini," menurut catatan klien baru-baru ini.

Untuk saat ini, banyak model yang mendasari persyaratan obligasi bencana berfokus pada badai besar dan gempa bumi. Namun, para investor dan penerbit perlu mencari cara untuk membuat model yang setara untuk kebakaran hutan dan banjir bandang.

"Ada kekhawatiran bahwa pemodelan ini tidak sesuai dengan risiko-risiko tersebut," kata Peter DiFiore, direktur pelaksana Neuberger Berman, yang mengawasi sekitar US$1,2 miliar investasi cat bond atas nama klien.

Mara Dobrescu, direktur strategi pendapatan tetap di Morningstar Inc, mengatakan bahwa para investor "hanya bertaruh bahwa model-model matematis itu sudah dikalibrasi dengan baik dan benar."

Sementara itu, pasar terus berkembang. World Economic Forum memperkirakan pasar obligasi kucing akan melonjak menjadi $50 miliar pada akhir 2025.

"Kami sangat bullish" terhadap obligasi kucing, kata Palmer dari Swiss Re. "Ini adalah produk keuangan yang sangat teknis dan kompleks yang tidak cocok untuk semua investor, tetapi kami percaya bahwa ini adalah bagian fundamental dari pasar reasuransi saat ini."

- Dengan bantuan dari Greg Ritchie.

(bbn)

No more pages