Logo Bloomberg Technoz

Profil Mentan SYL yang 'Hilang' Usai Disebut-sebut Jadi Tersangka

Pramesti Regita Cindy
04 October 2023 11:25

Mentan Syahrul Yasin Limpo usai dimintai keterangan olehn KPK di Gedung ACLC KPK, Jakarta,Senin (19/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mentan Syahrul Yasin Limpo usai dimintai keterangan olehn KPK di Gedung ACLC KPK, Jakarta,Senin (19/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo kini tengah disorot lantaran keberadaan pastinya belum diketahui setelah terakhir berada di luar negeri. Rumah dan kantor SYL digeledah KPK setelah beberapa waktu lalu dia diperiksa penyidik antirasuah terkait dugaan korupsi di Kementan. Belakangan sumber media menyebut dia sudah menjadi tersangka tetapi KPK belum mengkonfirmasi hal ini.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbib mengatakan bahwa dia tak mengetahui keberadaan Syahrul Yasin Limpo saat ini. Dia mengatakan rombongan yang ikut kunjungan kerja SYL pun terpisah pada saat pulang ke Indonesia.

"Kalau dari Spanyol, informasi terakhir yang kami terima itu memang berbarengan dengan beberapa pejabat eselon kami. Eselon I ada yang ikut tiga orang, juga ada eselon II yang ikut kunjungan kerja Pak Menteri, dan juga beberapa staf," kata Harvick di Jakarta pada Selasa (3/10/2023).

Syahrul, sebagaimana nama lengkapnya disingkat SYL merupakan politikus Partai NasDem yang sebelumnya lama bernaung di Partai Golkar. Bahkan SYL sempat menjadi salah satu calon ketua umum yang maju di Munas Partai Golkar Bali beberapa tahun lalu. Namun yang menang pada saat itu adalah Setya Novanto. Dirangkum dari pemberitaan media massa, berikut profil SYL.

Syahrul Yasin Limpo lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 16 Maret 1955. Dia menikahi Ayu Sri Harahap.