Logo Bloomberg Technoz

Penyalahgunaan Narkoba hingga 3,6 Juta Jiwa, Lapas Over Kapasitas

Ezra Sihite
12 September 2023 10:20

Sambutan Presiden Jokowi Pada Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian, Senin (15/5/2023). (Tangkapan Layar YoutubeSekretariat Presiden)
Sambutan Presiden Jokowi Pada Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian, Senin (15/5/2023). (Tangkapan Layar YoutubeSekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penyalahgunaan narkotika di Indonesia saat ini menyangkut hingga 3,6 juta jiwa atau 1,95% sebagaimana data dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Hal tersebut menyebabkan kelebihan kapasitas di lapas-lapas. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (ratas). Jokowi meminta agar hal ini segera ditangani.

"Saya ingin mengajak kita semua untuk mencari sebuah lompatan terobosan agar kejahatan luar biasa ini bisa kita kurangi, kita selesaikan dengan baik. Saya kemarin berbicara dengan Pangdam dengan Kapolda di Sumut (Sumatera Utara)," kata Presiden Joowi dalam rapat terbatas digelar Senin (11/9/2023) dikutip dari laman Setkab, Selasa (12/9/2023).

Presiden Jokowi juga meminta agar penegakan hukum dilakukan dengan tegas sehingga memberikan efek jera apalagi dalam kejahatan narkoba diketahui beberapa kali terlibat narkoba.

"Karena kita tahu juga banyak oknum aparat penegak hukum kita yang terlibat di dalamnya, ini menjadi catatan dan tindakan tegas harus diberikan kepada mereka," lanjut dia.

Hal lainnya yang dibahas Jokowi adalah yang berkaitan dengan rehabilitasi terhadap pelaku.