Logo Bloomberg Technoz

Startup Ini Bisa Bereskan Polusi Udara di Perkotaan

10 August 2023 20:32

Databiota, startup bioteknologi yang fokus pada daur ulang CO2
Databiota, startup bioteknologi yang fokus pada daur ulang CO2

Bloomberg Technoz, Jakarta - Polusi udara saat ini menjadi perhatian dan kecemasan masyarakat sebagai isu yang mendesak. Bahkan beberapa tokoh dan publik figur telah banyak bersuara melalui media sosial yang ditujukan kepada pemerintah. Tapi ada kabar baik, muncul startup bernama Databiota yang mempersembahkan solusi cerdas untuk mengatasi masalah polusi ini.

Databiota adalah sebuah startup bioteknologi yang fokus pada daur ulang CO2. Mereka memanfaatkan kombinasi antara data, teknologi, dan mikroorganisme untuk mengkonversi CO2 yang ada di udara. Tujuannya? Menciptakan masa depan yang lebih baik dengan lingkungan yang lebih bersih.

Founder Databiota, Indarto mengatakan pihaknya mengembangkan Fotobioreaktor, dengan sistem filtrasi mekanis dan Sintetis Biologis yang memanfaatkan Mikroalga dengan sintetis biologis untuk menyerap emisi karbondioksida (CO2) hingga 3x - 6x lipat lebih cepat.

"Penggabungan teknologi fotobioreaktor dan memberdayakan mikroalga dengan sistem modular untuk menyerap emisi CO2 yang kemudian CO2 yang tertangkap tersebut di daur ulang menjadi produk yang berkelanjutan dan monitoring penyerapan emisi karbondioksida secara real time menggunakan sensor," terang Indarto, Kamis (10/8/2023).

Kekuatan utama Databiota terletak pada mikroorganisme unik yang mereka kembangkan. Dibesarkan dalam lingkungan terkontrol dan diberi nutrisi yang optimal, mikroorganisme ini berkembang menjadi 'super mikroorganisme' dengan kemampuan menyerap polusi luar biasa dan menghasilkan oksigen serta produk akhir lain seperti biorefinery dan biomass. Biomass dan biorefinery ini dapat menunjang kehidupan kita yang lebih berkelanjutan kedepannya di bidang pangan, pakan, material hingga energi terbarukan.