Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Naik, Saham Wall Street Ikut Terkatrol

News
05 June 2023 22:00

Kilang Minyak. (dok Bloomberg)
Kilang Minyak. (dok Bloomberg)

Vildana Hajric, Issabelle Lee, dan Namitha Jagadeesh - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak dunia mengalami kenaikan pascapengumuman rencana Arab Saudi memangkas produksi 1 juta barel per hari pada Juli. Saham-saham di bursa Amerika Serikat (AS) bergerak lebih tinggi, setelah terjadi reli pekan lalu. Indeks S&P masih dalam fase bullish.

Harga minyak di pasar berjangka naik 2,5%, dengan saham perusahaan Chevron Corp. dan Exxon Mobil Corp. mengalami kenaikan. Rencana pemangkasan produksi dari negara penting di kelompok OPEC+ jadi yang terendah selama beberapa tahun.

Saham Apple Inc. naik 1,5%, masih on track pada raihan harga penutupan tertinggi sepanjang sejarah. Pasar kuat memperkirakan Apple akan merilis produk terbaru yang telah ditunggu banyak fanboy, headset mixed-reality di perhelatan Worldwide Developers Conference (WWDC), Senin (5/6/2023) waktu setempat. Mixed-reality dianggap sebagai produk baru yang paling signifikan dalam hampir satu dekade.

Gelaran WWDC tahun 2017 saat demonstrasi VR. (dok David Paul Morris/Bloomberg)

Obligasi negara tercatat naik pada seluruh kurva, dengan posisi dolar AS menguat terhadap seluruh mata uang yang tergabung dalam Group of 10. Terdapat spekulasi bahwa bank sentral AS atau Federal Reserve akan mempertahankan suku bunganya pada Juni, meski tetap berpeluang untuk menaikkan pada kemudian hari.