Logo Bloomberg Technoz

BI Gencar Dorong Gairah UMKM Kian Digital dan Gunakan QRIS

Krizia Putri Kinanti
13 May 2023 16:53

Pembeli melakukan pembayaran digital (QRIS) (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pembeli melakukan pembayaran digital (QRIS) (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peran UMKM dalam mendorong perekonomian sangat penting. Terkait hal ini, diadakan kegiatan Lampung Begawi 2023 dengan tema "Bertumbuh dan Stabil dengan Digitalisasi, Wirausaha dan UMKM" yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Provinsi Lampung.

Lampung Begawi adalah salah satu contoh sinergi Bank Indonesia dan pemda serta kementerian-lembaga untuk mendukung proses digitalisasi dan promosi UMKM. Acara ini dikemas bersamaan dengan program Diseminasi dan Capacity Building on ASEAN Issues of Digital Economy di Lampung, sebagai acara pendukung Keketuaan Indonesia dalam ASEAN 2023. Program yang akan diselenggarakan di sejumlah provinsi ini bermanfaat untuk mendorong wawasan mengenai Keketuaan ASEAN di penjuru Nusantara.

Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman pada kesempatan tersebut menyampaikan strategi kunci mendorong UMKM yaitu dengan bersinergi.

“Kita menghadapi tantangan ekonomi yang begitu dinamis khususnya dari global tidak ada jalan lain bagi kita kecuali untuk bekerja, bersatu dan bersinergi seperti halnya tema acara kita pada malam ini “Lampung Begawi". Bank Indonesia berkomitmen memperkuat bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dengan sinergi yang erat dengan Pemerintah dan otoritas lainnya, baik di Pusat maupun Daerah, untuk mendorong sektor-sektor prioritas khususnya UMKM," ujarnya pada pernyataan resmi yang diterima pada Sabtu (13/5/2023).

Dukungan terhadap UMKM dapat dilakukan dalam ragam cara. Salah satunya sinergi dengan industri untuk melakukan digitalisasi. Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung mengembangkan UMKM melalui upaya peningkatan akseptasi QRIS pada UMKM. Telah terdapat 402.863 UMKM di Provinsi Lampung yang menggunakan QRIS, atau meningkat sebesar 2,27% dari akhir tahun 2022.