Logo Bloomberg Technoz

Berbagai Keluhan yang Viral soal Pelayanan Bea Cukai

Dinda Decembria
29 April 2024 15:10

Suasana calon penumpang pesawat saat arus mudik di Terminal 3, Bandara Soetta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana calon penumpang pesawat saat arus mudik di Terminal 3, Bandara Soetta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kinerja Bea Cukai RI sedang menjadi sorotan di media sosia. Salah satunya terkait aturan yang dianggap merugikan dan pelayanan saat di bandara yang tidak mengenakkan bagi masyarakat.

Pertama dalam cuitan X milik akun @ijalzaid yang menceritakan bahwa alat tentang pembelajaran siswa tunanetra yang dikirim dari suatu perusahaan Korea Selatan bernama OFHA Tech.

Perusahaan ini mengirimkan hibah dengan mengirimkan alat  taptilo untuk SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta yang akan digunakan sebagai alat pembelajaran siswa tunanetra.

Disebut kiriman barang ini sudah tiba di Indonesia pada 18 Desember 2022 akan tetapi terjadi penahanan oleh Bea Cukai serta penerimaan barang harus membayar tagihan bea masuk serta denda yang nilai capaian ratusan juta.

"SLB saya juga dapat bantuan alat belajar untuk tunanetra dari perusahaan Korea. Eh pas mau diambil di Bea Cukai Soetta suruh bayar ratusan juta. Mana denda gudang per hari," tulis dalam akun itu.