Logo Bloomberg Technoz

Berbicara kepada AP di Istanbul, al-Hayya mengatakan Hamas ingin bergabung dengan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang dipimpin oleh faksi saingannya, Fatah, untuk membentuk pemerintahan persatuan untuk Gaza dan Tepi Barat.

Ia mengatakan Hamas akan menerima "negara Palestina yang berdaulat penuh di Tepi Barat dan Jalur Gaza serta kembalinya para pengungsi Palestina sesuai dengan resolusi internasional," di sepanjang perbatasan Israel sebelum tahun 1967.

Jika hal itu terjadi, katanya, sayap militer kelompok itu akan dibubarkan.

"Semua pengalaman orang-orang yang berperang melawan penjajah, ketika mereka merdeka dan mendapatkan hak-hak mereka dan negara mereka, apa yang telah dilakukan oleh kekuatan-kekuatan ini? Mereka telah berubah menjadi partai politik dan pasukan pejuang mereka telah berubah menjadi tentara nasional," katanya.

Selama bertahun-tahun, Hamas terkadang memoderasi posisi publiknya sehubungan dengan kemungkinan berdirinya sebuah negara Palestina di samping Israel.

Namun program politiknya secara resmi masih "menolak segala alternatif untuk pembebasan penuh Palestina, dari sungai ke laut"--mengacu pada wilayah yang membentang dari Sungai Yordan ke Laut Mediterania, yang mencakup wilayah-wilayah yang sekarang membentuk Israel.

Al-Hayya tidak mengatakan apakah dukungannya terhadap solusi dua negara akan berarti mengakhiri konflik Palestina dengan Israel atau hanya sebuah langkah sementara untuk mencapai tujuan kelompok itu, yaitu menghancurkan Israel.

Tidak ada reaksi langsung dari Israel atau Otoritas Palestina--pemerintah yang diakui secara internasional yang diusir oleh Hamas ketika mereka merebut Gaza pada tahun 2007, setahun setelah memenangkan pemilihan parlemen Palestina.

Setelah pengambilalihan Gaza oleh Hamas, Otoritas Palestina ditugaskan untuk mengelola kantong-kantong semi-otonom di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Otoritas Palestina berharap dapat mendirikan negara merdeka di Tepi Barat, Yerusalem timur dan Gaza--wilayah yang direbut Israel pada perang 1967.

Sementara komunitas internasional sangat mendukung solusi dua negara, pemerintah garis keras Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolaknya.

Perang di Gaza telah berlangsung selama hampir tujuh bulan dan negosiasi gencatan senjata terhenti.

Perang dimulai dengan serangan mematikan pada 7 Oktober di Israel selatan yang menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar adalah warga sipil.

Para militan menyeret sekitar 250 sandera ke daerah kantong tersebut.

Pemboman dan serangan darat Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 34.000 warga Palestina, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, menurut otoritas kesehatan setempat, dan membuat sekitar 80 persen penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta jiwa mengungsi.

Israel kini tengah mempersiapkan serangan di kota Rafah di bagian selatan, di mana lebih dari 1 juta warga Palestina mengungsi.

Israel mengatakan bahwa mereka telah menghancurkan sebagian besar dari dua lusin batalyon Hamas sejak dimulainya perang, namun empat batalyon yang tersisa masih bersembunyi di Rafah.

Israel berargumen bahwa serangan ke Rafah diperlukan untuk meraih kemenangan atas Hamas.

Al-Hayya mengatakan serangan semacam itu tidak akan berhasil menghancurkan Hamas.

Dia mengatakan kontak antara kepemimpinan politik di luar dan kepemimpinan militer di dalam Gaza "tidak terganggu" oleh perang dan "kontak, keputusan dan arahan dibuat melalui konsultasi" antara kedua kelompok.

Pasukan Israel "belum menghancurkan lebih dari 20 persen kemampuan (Hamas), baik manusia maupun di lapangan," tegasnya. "Jika mereka tidak dapat menghabisi (Hamas), apa solusinya? Solusinya adalah menuju konsensus."

Pada November, gencatan senjata selama seminggu menyaksikan pembebasan lebih dari 100 sandera sebagai imbalan atas ribuan tahanan Palestina yang ditahan di Israel.

Namun, pembicaraan untuk gencatan senjata jangka panjang dan pembebasan sandera yang tersisa kini macet, dengan masing-masing pihak menuduh pihak lain membandel.

Lawan bicara utama Qatar telah mengatakan dalam beberapa hari terakhir bahwa mereka sedang melakukan "penilaian ulang" atas perannya sebagai mediator.

Sebagian besar pejabat politik utama Hamas, yang sebelumnya berbasis di Qatar, telah meninggalkan negara Teluk tersebut dalam seminggu terakhir dan melakukan perjalanan ke Turki, di mana pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu.

Al-Hayya membantah bahwa pemindahan permanen dari kantor politik utama kelompok tersebut sedang dalam proses dan mengatakan Hamas ingin melihat Qatar melanjutkan kapasitasnya sebagai mediator dalam perundingan.

Para pejabat Israel dan AS menuduh Hamas tidak serius mengenai kesepakatan.

Al-Hayya membantah hal ini, dan mengatakan bahwa Hamas telah membuat konsesi terkait jumlah tahanan Palestina yang ingin dibebaskan sebagai ganti sandera Israel yang tersisa.

Ia mengatakan bahwa kelompok tersebut tidak tahu persis berapa banyak sandera yang masih berada di Gaza dan masih hidup.

Namun, ia mengatakan Hamas tidak akan mundur dari tuntutannya untuk gencatan senjata permanen dan penarikan pasukan Israel secara penuh, yang mana kedua hal ini ditolak oleh Israel.

Israel mengatakan akan melanjutkan operasi militer sampai Hamas secara definitif dikalahkan dan akan mempertahankan kehadiran keamanan di Gaza setelah itu.

"Jika kami tidak yakin perang akan berakhir, mengapa saya menyerahkan para tawanan?" ujar pemimpin Hamas mengenai para tawanan yang tersisa.

Al-Hayya juga secara implisit mengancam bahwa Hamas akan menyerang pasukan Israel atau pasukan lain yang mungkin ditempatkan di sekitar dermaga terapung yang sedang dibangun AS di sepanjang garis pantai Gaza untuk mengirimkan bantuan melalui laut.

"Kami dengan tegas menolak kehadiran non-Palestina di Gaza, baik di laut maupun di darat, dan kami akan berhadapan dengan kekuatan militer manapun yang ada di tempat-tempat ini, baik Israel maupun yang lainnya... sebagai kekuatan pendudukan," katanya.

Al-Hayya mengatakan Hamas tidak menyesali serangan 7 Oktober, meskipun serangan tersebut telah menyebabkan kehancuran di Gaza dan rakyatnya.

Dia membantah bahwa militan Hamas telah menargetkan warga sipil selama serangan tersebut--meskipun ada banyak bukti yang menunjukkan hal sebaliknya--dan mengatakan bahwa operasi tersebut berhasil mencapai tujuannya untuk mengembalikan isu Palestina ke perhatian dunia.

Dan, katanya, upaya Israel untuk membasmi Hamas pada akhirnya akan gagal untuk mencegah pemberontakan bersenjata Palestina di masa depan.

"Katakanlah mereka telah menghancurkan Hamas. Apakah rakyat Palestina akan hilang?" tanyanya.

(red/ros)

No more pages