Logo Bloomberg Technoz

Para aktivis keadilan sosial, banyak di antaranya mengatakan bahwa mereka memandang warga Palestina sebagai rakyat yang tertindas dan Israel sebagai penindas, telah berdemonstrasi dalam jumlah besar untuk mendukung gencatan senjata di Gaza, yang diperintah oleh Hamas sebelum perang. Beberapa protes menampilkan nyanyian dan poster yang bersifat antisemit dan mengintimidasi, yang memicu rasa takut dan isolasi di kalangan mahasiswa Yahudi.

Ketika protes di kampus terus berlanjut setelah penangkapan minggu lalu, Columbia memindahkan kelas-kelasnya secara online sementara sekolah-sekolah lain semakin ketat menghadapi para demonstran. Di Yale, polisi menangkap 60 orang termasuk 47 mahasiswa pada Senin. Presiden Peter Salovey mengutip "laporan polisi yang mengidentifikasi tindakan berbahaya dan bahasa ancaman yang digunakan terhadap individu di atau dekat lokasi protes."

Harvard membatasi akses ke Harvard Yard setidaknya hingga 26 April dan membekukan Komite Solidaritas Palestina, sebuah kelompok mahasiswa. PSC adalah salah satu dari beberapa organisasi yang melakukan unjuk rasa di Harvard Yard untuk mendukung para aktivis mahasiswa di Columbia.

Presiden sementara Alan Garber mengatakan kepada surat kabar mahasiswa Harvard Crimson bahwa ia tidak akan mengesampingkan tanggapan polisi, tetapi juga bahwa universitas memiliki "standar yang sangat, sangat tinggi" untuk memanggil penegak hukum.

Universitas Pennsylvania mencabut registrasi sebuah organisasi kampus yang pro-Palestina.

2. Presiden perguruan tinggi mana saja yang telah menghadapi desakan untuk mundur?

Para mahasiswa, alumni, donatur, dan politisi membidik para pemimpin University of Pennsylvania, Massachusetts Institute of Technology, dan Harvard University setelah dengar pendapat di Kongres pada Desember. Presiden Penn, Liz Magill, mengundurkan diri beberapa hari kemudian, bersama dengan Scott Bok, ketua dewan universitas. Presiden MIT Sally Kornbluth terhindar dari pengunduran diri setelah mendapat dukungan tegas dari dewan sekolah.

Presiden Harvard Claudine Gay mengumumkan pengunduran dirinya pada 2 Januari. Badan pengurus Harvard telah memberikan dukungan penuh kepada Gay pada 12 Desember, namun setelah itu, tuduhan plagiarisme baru terhadapnya muncul dan pemberontakan donor atas penanganan antisemitisme di sekolah tersebut semakin memburuk.

3. Apa yang melatarbelakangi tuntutan pengunduran diri tersebut?

Kampus-kampus di Amerika Serikat telah melaporkan adanya gelombang pelecehan dan ancaman kekerasan yang ditujukan kepada mahasiswa Yahudi dan Muslim sejak 7 Oktober. Sebuah studi yang dirilis pada November oleh Anti-Defamation League dan Hillel International menemukan bahwa 73% mahasiswa Yahudi dan 44% mahasiswa non-Yahudi telah mengalami atau menyaksikan antisemitisme sejak awal tahun ajaran.

Panasnya situasi di Penn, Harvard, dan MIT semakin menjadi-jadi setelah mereka terlihat tersandung dalam kesaksiannya di depan Kongres.

4. Apa yang dikatakan oleh para rektor perguruan tinggi tersebut dalam kesaksian mereka di Kongres?

Perwakilan Partai Republik Elise Stefanik, lulusan Harvard, bertanya kepada ketiga rektor tersebut apakah menyerukan genosida terhadap orang Yahudi merupakan perundungan atau pelecehan di kampus mereka. Mereka menjawab dengan jawaban bernuansa "tergantung" yang berusaha menjelaskan kebijakan universitas yang kompleks dan secara luas dikritik karena dianggap sebagai pendekatan yang legalistik.

5. Apa yang diserukan oleh mahasiswa AS?

Gencatan senjata di Gaza adalah tuntutan yang paling umum. Di beberapa kampus di AS, termasuk Columbia, para pengunjuk rasa menuntut divestasi dari perusahaan-perusahaan yang memasok senjata ke Israel. Demonstrasi kampus sebelumnya untuk mendukung warga Palestina juga menampilkan slogan "dari sungai ke laut". Ungkapan ini merujuk pada aspirasi untuk tanah air Palestina yang mencakup seluruh Tanah Suci--yang saat ini meliputi wilayah Israel, Tepi Barat dan Gaza--yang membentang dari Sungai Yordan ke Laut Mediterania.

(bbn)

No more pages