Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes: Hipertensi Jadi Penyakit Paling Banyak di Pos Kesehatan

Dovana Hasiana
10 April 2024 10:00

Infografis Hipertensi bisa sebabkan stroke (Asfahan/Bloomberg Technoz)
Infografis Hipertensi bisa sebabkan stroke (Asfahan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima laporan bahwa Hipertensi menjadi penyakit yang paling banyak ditemui di Pos Kesehatan Mudik Idulfitri 1445 H/2024 M di 38 provinsi. 

Berdasarkan data pada Senin (8/4/2024), sebanyak 822 pemudik mendapatkan pelayanan di pos kesehatan mudik, terdiri atas 672 dewasa, 102 anak, dan 48 lansia. Jumlah penderita penyakit tersebut didasarkan pada kunjungan pemudik ke pos kesehatan. 

Dari data tersebut, pemudik dewasa dan lansia paling banyak menderita hipertensi, diikuti nyeri otot, sakit kepala, flu, dan gastritis atau nyeri lambung. Sementara itu, pasien anak paling banyak menderita flu, nyeri otot, nyeri lambung, dan diare. Pemudik langsung diberikan penanganan medis dan obat-obatan sesuai prosedur atau standard operational procedure (SOP).

Juru bicara (Kemenkes) Mohammad Syahril mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan fisik dan psikis selama perjalanan mudik sehingga tetap aman, sehat dan selamat sampai di tujuan. 

“Tetap jaga kesehatan, dan manfaatkan pos kesehatan di sepanjang jalur mudik jika dibutuhkan, gratis. Jika kemudian dibutuhkan rujukan maka biaya akan dicover oleh BPJS Kesehatan bagi peserta,” ucap Syahril dalam siaran pers, dikutip Rabu (10/4/2024).