Logo Bloomberg Technoz

Para pejabat The Fed, yang telah mempertahankan suku bunga pada level tertinggi lebih dari dua dekade sejak Juli, sedang memperdebatkan kapan dan sejauh mana menurunkan biaya pinjaman tahun ini. Ketua Jerome Powell telah menyebut waktu pengambilan keputusan seperti itu "sangat konsekuen" dan menekankan perlunya kesabaran.

Waller menggunakan istilah "jangan terburu-buru" sebanyak empat kali dalam pidatonya, termasuk dalam judul. Para investor bertaruh bahwa pemangkasan pertama akan dilakukan pada Juni.

Gubernur The Fed mengatakan bahwa data ekonomi baru-baru ini "menunjukkan bahwa adalah bijaksana untuk mempertahankan suku bunga pada tingkat yang ketat saat ini, mungkin lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya untuk membantu menjaga inflasi pada lintasan yang berkelanjutan menuju 2%."

Para pembuat kebijakan memperkirakan tiga kali penurunan suku bunga untuk tahun 2024 dalam perkiraan baru yang dirilis bulan ini, menurut perkiraan median. Namun, para pejabat terpecah: Sembilan dari 19 pejabat memproyeksikan dua penurunan atau lebih sedikit. Raphael Bostic, seorang anggota Komite Pasar Terbuka Federal yang memiliki hak suara, mengatakan bahwa ia mengantisipasi penurunan suku bunga hanya sekali tahun ini.

Ekonomi yang Tangguh

Perekonomian terus mengejutkan para pejabat dengan pertumbuhan yang tangguh, dan para pembuat kebijakan The Fed secara signifikan meningkatkan estimasi mereka untuk produk domestik bruto tahun ini menjadi 2,1%, naik dari 1,4% di Desember. Perekrutan tenaga kerja tetap kuat, dan pengukur harga utama telah melampaui ekspektasi para ekonom dalam beberapa bulan terakhir.

Waller mengatakan bahwa akan tepat untuk menurunkan suku bunga kebijakan pada suatu waktu di tahun ini karena ekonomi membuat kemajuan lebih lanjut pada inflasi.

"Saya terus percaya bahwa kemajuan lebih lanjut akan membuat FOMC tepat untuk mulai mengurangi kisaran target suku bunga federal fund tahun ini," katanya. "Namun, sampai kemajuan tersebut terwujud, saya belum siap untuk mengambil langkah tersebut."

"Untungnya, kekuatan ekonomi AS dan ketahanan pasar tenaga kerja berarti risiko menunggu sedikit lebih lama untuk melonggarkan kebijakan adalah kecil dan secara signifikan lebih rendah daripada bertindak terlalu cepat."

Pemerintah akan merilis data tentang metrik inflasi pilihan Fed pada Jumat.

(bbn)

No more pages