Logo Bloomberg Technoz

Keputusan Bersejarah: BoJ akan Akhiri Bunga Negatif Hari Ini

Ruisa Khoiriyah
19 March 2024 10:00

Kazuo Ueda, Gubernur Bank Sentral Jepang (Bank of Japan). (Sumber foto: Bloomberg)
Kazuo Ueda, Gubernur Bank Sentral Jepang (Bank of Japan). (Sumber foto: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank of Japan dijadwalkan akan mengumumkan kebijakan suku bunga baru mereka hari ini, Selasa (19/3/2024).

Para ekonom dan pelaku pasar terpecah antara meyakini bahwa bank sentral Negeri Sakura itu akan mengakhiri rezim suku bunga negatif mereka yang akan menjadi keputusan bersejarah dan berdampak besar pada pasar. Atau, sebaliknya, menunda kenaikan bunga lebih lanjut.

Berakhirnya rezim suku bunga negatif Jepang akan mengakhiri serial negative rates BoJ sejak 2016 lalu. Sementara secara bertahap, sebagian pelaku pasar bahkan memprediksi kenaikan bunga akan berlanjut hingga ke kisaran 1% tahun ini untuk mengendalikan risiko inflasi yang muncul pasca keputusan kenaikan upah pekerja di negeri tersebut.

Kenaikan suku bunga itu akan menjadi yang pertama kali ditempuh sejak 2007 silam dan akan menjadi awal sebuah era baru bagi Jepang yang akhirnya bergabung ke gelombang suku bunga global yang sudah naik tinggi sejak 2022 lalu. Sejauh ini, BoJ menjadi satu-satunya bank sentral di dunia yang menetapkan bunga negatif.

Ekonom dari Bloomberg Economist yang berbasis di Tokyo, Jepang, Taro Kimura, memperkirakan Bank of Japan akan mengambil keputusan bersejarah hari ini dengan mengakhiri kebijakan suku bunga negatif.