Logo Bloomberg Technoz

Agenda Penting Moneter Global Pekan Ini: Dari The Fed, BI, ke BoJ

News
18 March 2024 05:39

Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Craig Stirling - Bloomberg News

Bloomberg, Pekan ini, investor dapat segera mengetahui lebih banyak mengenai tekad Federal Reserve (The Fed) untuk melakukan pelonggaran dan seberapa dekat Bank of Jepang (BoJ) untuk akhirnya menghentikan suku bunga negatif. Kedua bank sentral itu merupakan penentu arah kebijakan untuk hampir separuh perekonomian global.

Pekan ini akan menjadi periode kumpulan keputusan terbesar di dunia pada 2024 hingga saat ini, termasuk penilaian mengenai biaya pinjaman untuk enam dari 10 mata uang yang paling banyak diperdagangkan. Hasil kolektif ini mungkin menggarisbawahi betapa berbedanya persepsi pejabat moneter terhadap risiko inflasi.

Pengumuman bank sentral penting pekan ini./dok. Bloomberg

Hal ini mencerminkan bagaimana guncangan harga konsumen global setelah pandemi ini, yang makin diperburuk oleh perang Rusia di Ukraina, telah bertransisi secara asimetris, di mana beberapa negara menghadapi tekanan harga domestik yang lebih kuat dibandingkan dengan negara lainnya.

Pada gilirannya, dunia kini mempunyai dinamika kebijakan yang berbeda-beda, berbeda dengan respons yang tersinkronisasi yang sebelumnya dirancang oleh bank sentral.