Logo Bloomberg Technoz

Abouhossein telah mewaspadai masalah yang terjadi di Credit Suisse, dengan penilaikan saham netral atau underweight selama hampir dua tahun. Bulan lalu dia memperingatkan bahwa bank tersebut memburuk lebih cepat dari yang diperkirakan, dan sahamnya telah jatuh 26% sejak saat itu.

Ini beberapa skenario kemungkinan Credit Suisse berdasarkan JPMorgan:

  1. Pengambilalihan, kemungkinan oleh UBS. Mengingat konsentrasi pasar di antara mereka. Pengambilalihan mungkin akan diikuti oleh spin-off.
  2. Bank sentral Swiss, Swiss National Bank (SNB) turun tangan dengan menjamin penuh simpanan nasabah atau menyuntikkan ekuitas. Ini akan memberi waktu bagi Credit Suisse untuk melakukan restrukturisasi, tetapi akan sangat dilutif bagi pemegang saham saat ini.
  3. Credit Suisse melakukan "self help approach", dengan menutup sendiri banknya. Namun, ini mungkin tidak cukup untuk mengurangi kekhawatiran pasar.

Hubungan Credit Suisse dengan UBS adalah salah satu opsi yang dibahas dalam pembicaraan antara Credit Suisse dan otoritas Swiss tentang bagaimana menstabilkan bank, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

CEO UBS Ralph Hamers pada hari Rabu menolak untuk menjawab pertanyaan "hipotetis" apa pun tentang Credit Suisse. Dalam sebuah memo kepada staf pada Kamis (16/03/2023), CEO Credit Suisse Ulrich Koerner mengatakan mereka akan terus fokus pada rencana untuk membalikkan keadaan.

--Dengan asistensi Jan-Patrick Barnert

(bbn)

No more pages