Logo Bloomberg Technoz

Inggris Desak Jerman Kirimkan Rudal Taurus ke Ukraina

News
01 March 2024 17:30

Rudal Taurus. (Dok: Bloomberg)
Rudal Taurus. (Dok: Bloomberg)

Alex Wickham - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Inggris secara pribadi mendesak Jerman untuk menyediakan rudal Taurus jarak jauh kepada pemerintah di Kyiv karena London menyatakan kekesalannya atas komentar yang dibuat oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz mengenai aktivitas Inggris di Ukraina.

Para menteri dan pejabat senior Inggris telah berulang kali menjelaskan kepada Jerman bahwa Ukraina sangat membutuhkan rudal-rudal Taurus, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini. Inggris menawarkan solusi atas penolakan Berlin untuk mengirimkan rudal-rudal tersebut, termasuk kesepakatan pertukaran yang akan membuat Inggris memasok lebih banyak rudal Storm Shadow ke Kyiv, dan Jerman kemudian memasok rudal-rudal jarak jauh pengganti ke Inggris.

Jerman harus berhenti mencari-cari alasan, kata seorang pejabat Inggris, yang berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas percakapan pribadi antara kedua negara.

"Perilaku Scholz telah menunjukkan bahwa sejauh menyangkut keamanan Eropa, ia adalah orang yang salah, dalam pekerjaan yang salah, pada waktu yang salah," kata mantan Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, kepada surat kabar Evening Standard, Kamis.