Logo Bloomberg Technoz

Saham Credit Suisse turun sebanyak 10% ke rekor terendah baru di bursa saham Zurich, sementara investor menunjukkan kekhawatiran yang serius pada perusahaan.

Kantor Credit Suisse di New York, AS. (Stephanie Keith/Bloomberg)

CEO Credit Suisse Ulrich Koerner pada Selasa (14/3/2023) mengatakan posisi keuangan bank sehat, termasuk rasio kecukupan likuiditas atau liquidity coverage ratio (LCR) sekitar 150%. LCR minimal adalah 100%, jika lebih tinggi artinya kondisi likuiditas bank bagus.

Meski kondisi likuiditas bank baik, Ulrich Koerner menyebut masih ada kekhawatiran tentang masa depan bank. Tolak ukur yang digunakannya adalah tingkat credit default swap (CDS) bank sekitar 9 kali lipat dari Deutshe Bank dan 18 kali lipat dari UBS Group AG. Kurva CDS juga terbalik (inverted). Ini menunjukkan akan lebih mahal biaya untuk melindungi bank dari kegagalan secara langsung dari pada gagal bayar di kemudian hari.

Berbicara Rabu pagi, Chairman Credit Suisse Axel Lehmann menepis anggapan bahwa bank akan membutuhkan bantuan pemerintah, dengan mengatakan itu "bukan hal yang menjadi topik" bagi mereka. Saat ini bank berusaha meningkatkan kepercayaan para nasabah, investor dan regulator setelah serangkaian kesalahan yang terjadi.

(bbn)

No more pages