Logo Bloomberg Technoz

Sinyal Reshuffle Lagi, Rekonsolidasi Kongsi Politik Ala Jokowi

Pramesti Regita Cindy
22 February 2024 13:55

Rapat Kabinet Presiden Jokowi bersama Menteri (BPMI : Setpres)
Rapat Kabinet Presiden Jokowi bersama Menteri (BPMI : Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menutup kemungkinan akan kembali melakukan reshuffle kabinet lagi. Kocok ulang kabinet, kata Jokowi, bisa saja kembali terjadi jika diperlukan.

Hal itu disampaikan Jokowi usai Demokrat masuk kabinet, ditandai dengan pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Negara, Rabu (21/2/2024). Demokrat menjadi parpol ke-8 mitra koalisi pemerintah. 

Pengamat Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Wawan Mas'udi menilai pernyataan Jokowi relevan dengan konfigurasi politik saat ini. Wawan mengingatkan bahwa koalisinya saat ini akan berbeda dengan pemerintahan ke depan yang mungkin akan diteruskan Prabowo-Gibran.

"Jokowi memahami pergeseran-pergeseran koalisi dan kongsi politik. Parpol yang selama ini menjadi pilar utamanya, ke depan bakal ada di luar koalisi (PDIP, PPP, Nasdem, PKB)," ujar Wawan kepada Bloomberg Technoz, Kamis (22/2/2024).

Wawan menilai Jokowi tengah mengirim pesan, terutama kepada partai-partai yang saat ini ada di kabinet, bahwa dirinya tengah dalam upaya rekonsolidasi pemerintahan, rekonsilidasi ulang kekuasaan.