Logo Bloomberg Technoz

Jual 50 Juta Saham Amazon, Jeff Bezos Raup Uang Tunai Rp133 T

News
21 February 2024 11:50

Pendiri Amazon Jeff Bezos. (Sumber: Bloomberg)
Pendiri Amazon Jeff Bezos. (Sumber: Bloomberg)

Spencer Soper - Bloomberg News

Bloomberg, Jeff Bezos telah menjual 14 juta saham Amazon.com Inc dengan nilai sekitar US$2,4 miliar (Rp37,5 triliun). Penjualan saham yang dilakuan Bezos tersebut menyelesaikan rencana yang diumumkan awal bulan ini untuk menjual hingga 50 juta saham.

Berdasarkan dokumen yang disampaikan ke otoritas bursa, transaksi terbaru ini menambah total uang tunai yang dimiliki Bezos menjadi US$8,5 miliar atau setara Rp133,1 triliun. Transaksi dilakukan selama tiga hari perdagangan yang berakhir pada Selasa (20/2). Sebelum transaksi jual ini, orang terkaya ketiga di dunia itu tidak pernah menjual saham perusahaan sejak 2021.

Bezos, pendiri Amazon dan pemilik perusahaan penjelajahan ruang angkasa Blue Origin serta Washington Post, belum mengungkapkan rencana penggunaan uang hasil penjualan saham Amazon. Dia mengumumkan pada 2 November bahwa dia akan pindah ke Miami dari Seattle.

Negara bagian Washington menerapkan pajak keuntungan modal (capital gain) 7% pada tahun 2022, sesuatu yang tidak dimiliki Florida. Artinya, relokasi Bezos kemungkinan akan menghemat ratusan juta dolar dari pajaknya.