Logo Bloomberg Technoz

Link Cek TPS Pemilu, Jadwal & Apa yang Perlu Dibawa

Redaksi
13 February 2024 14:25

Cover Dokumen dan Syarat yang Wajib Dibawa ke TPS Saat Pemilu 2024 (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Cover Dokumen dan Syarat yang Wajib Dibawa ke TPS Saat Pemilu 2024 (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pencoblosan Pemilu tahun 2024 akan berlangsung besok, Rabu (14/2/2024). Pastikan Anda masuk dalam DPT Pemilu 2024. Bagi yang belum berikut ini link untuk mengecek apakah kamu telah terdaftar dan dimana lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk beberapa kasus ada masyarakat yang belum mengetahui apakah dirinya telah masuk DPT pemilu, ataupun lokasi TPS pencoblosan. Anda bisa melakukan pengecekan di link resmi KPU, yaitu https://cekdptonline.kpu.go.id/.

Urutan melakukan cek TPS untuk pencoblosan pemilu:

  1. Akses melalui smartphone dengan membuka https://cekdptonline.kpu.go.id/ 

  2. Isi nomor induk kependudukan (NIK). Pilihan lain nomor paspor bagi pemilih yang tinggi di luar negeri

  3. Tekan menu “Pencarian”

  4. Saat Anda masuk dalam DPT KPU, situs ini menampilkan data pemilih kantor KPU terdekat atau pengurus wilayah, Ketua RT/RW domisili kamu. Mereka akan membantu untuk memastikan lokasi DPT yang bisa dijadikan lokasi pemilihan

Jika sudah dipastikan mendapatkan lokasi DPT, Anda bisa mencari alamat TPS melalui aplikasi Google Maps, yang sebelumnya tersemat pada aplikasi atau situs https://cekdptonline.kpu.go.id/

Papan kampanye pemilu pemilihan presiden Indonesia. (Dok: Bloomberg)

Anda bisa klik ikon [+/-] untuk memperbesar atau memperkecil peta. Pemilih juga bisa klik peta, dan akan terhubung via Google Maps. Untuk memastikan lokasi TPS, tekan Mulai pada menu Directions.

Sebelum datang ke TPS pastikan beberapa dokumen Anda bawa. Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik, ada dua dokumen yang harus dibawa oleh setiap pemilih saat berkunjung ke TPS, yaitu; e-Kartu Tanda Penduduk Elektronik, dan Formulir Model C Pemberitahuan.

Infografis Dokumen dan Syarat yang Wajib Dibawa ke TPS Saat Pemilu 2024 (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)