Logo Bloomberg Technoz

Rafael Alun Punya Safe Deposit Rp 37 M di Bank Mandiri

Sultan Ibnu Affan
10 March 2023 13:10

Ketua Kelompok Hubungan Masyarakat dan PPID PPATK, M. Natsir Kongah. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ketua Kelompok Hubungan Masyarakat dan PPID PPATK, M. Natsir Kongah. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengidentifikasi adanya safe deposit box milik Rafael Alun Trisambodo alias RAT yang bernilai Rp 37 miliar di Bank Mandiri. Hal tersebut dibenarkan Koordinator Kelompok Hubungan Masyarakat PPATK Natsir Kongah.

"Benar," kata Natsir kepada Bloomberg Technoz saat ditanyakan soal hal itu pada Jumat (10/3/2023).

Diketahui Rafael Alun sudah dipecat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Rafael dianggap tidak jujur melaporkan harta berupa uang tunai dan bangunan dan diketahui dicatatkan menggunakan nama orang lain untuk mendaftarkan asetnya. Padahal hartanya berjumlah amat fantastis hingga Rp 56 miliar.

"Yang bersangkutan tidak menunjukan integritas dan keteladanan dalam sikap perilaku dan ucapan pada setiap orang. Yang bersangkutan juga tidak patuh dalam pelaporan dan pembayaran pajak serta memiliki gaya hidup pribadi dan keluarga yang tidak sesuai dengan asas kepatutan sebagai ASN," kata Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan Awan Nurmawan Nuh di Jakarta pada Rabu (8/3/2023).

Awan Nurmawan Nuh Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan (Dok. Kementerian Keuangan)

Rafael juga menjadi perantara terkait konflik kepentingan jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan. Rafael lalu dipecat dengan status tidak terhormat dan tidak akan menerima uang pensiun. Pemecatan Rafael sendiri telah disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.