Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dalam Tren Positif, Rupiah Alami Tekanan Hebat

Muhammad Julian Fadli
10 March 2023 15:46

Layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bak berada dalam arus yang berbeda.

Satu sisi rupiah terus mencatatkan capital outflow, tercermin dari pelemahan kurs di level Rp 15.450/US$ pada perdagangan pasar spot pukul 15:20 WIB. Kurs rupiah terkoreksi 0,1% secara point-to-point. Hal ini mengindikasikan rupiah terus dilepas, dengan spekulasi derasnya capital outflow.

Pada sisi lainnya, IHSG masih dalam fase arus modal masuk atau capital inflow, dengan nilai keseluruhan angkanya Rp 606,08 miliar pada perdagangan saham Kamis (9/3/2023), terlihat dalam data Bloomberg.

Lebih lanjut pada pasar reguler, investor asing melanjutkan tren pembelian bersih (net buy) sebesar Rp 527 miliar, dan pada pasar negosiasi net buy asing sebesar Rp 79 miliar. Menelisik jangka waktu lebih panjang, ternyata diam-diam investor asing sudah mengakumulasi investasinya sejak awal tahun.

Secara year-to-date (ytd) capital inflow sudah mencapai lebih dari Rp 3 triliun. Sejumlah investor asing yang melakukan pembelian saham ini bisa diartikan bahwa mereka sedang masuk dan berinvestasi pada pasar saham Indonesia.