Logo Bloomberg Technoz

Masih dalam indeks yang sama, investor asing membukukan net buy pada 21 hari perdagangan. Transaksi net buy terbesar terjadi pada 27 Februari dengan nilai Rp 3,38 triliun.

Perilaku Asing Dalam Bertransaksi

Direktur Panin Asset Management Rudiyanto menilai investor asing masuk ke pasar modal suatu negara lebih logis. Faktor utama pengambilan keputusan beli ataupun jual adalah fundamental perusahaan tercatat atau emiten. 

“Jika kita melihat dana asing dalam portofolio, perilaku juga cukup sulit [diprediksi]. Cukup cepat [pergerakan transaksi],” kata Rudiyanto kepada Bloomberg Technoz.

Fundamental perusahaan bisa ditelaah lebih jauh, perihal tren kinerja usaha emiten ataupun perolehan laba dalam satu periode. Sentimen hanya jadi faktor minor dalam penentuan pembelian saham oleh investor asing.

“Data masih sama, contoh akhir November [pasar modal Indonesia] mencatat net sell, alasannya karena harga batu bara turun. Namun di Februari net buy, harga coal masih turun,” terang Rudiyanto.

Dalam dua hari terakhir perdagangan, Senin dan Jumat pekan lalu asing mencatat net sell dengan angka masing-masing Rp 606,21 miliar dan Rp 250,74 miliar.

(wep/roy)

No more pages