Logo Bloomberg Technoz

Polling Pemilu Bangladesh: PM Hasina Lanjut Berkuasa

News
08 January 2024 05:40

Pabrik garmen di Bangladesh (Jeff Holt/Bloomberg)
Pabrik garmen di Bangladesh (Jeff Holt/Bloomberg)

Arun Devnath - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina akan mempertahankan gelarnya sebagai Kepala Negara perempuan terlama di dunia, setelah partainya meraih lebih dari separuh kursi parlemen dalam pemilu yang diboikot oleh lawan dan pemilihnya.

Partai Liga Awami yang dipimpin Hasina memenangkan setidaknya 157 dari 299 kursi untuk mayoritas sederhana di parlemen, menurut dua jaringan televisi besar yang mengutip data polling. Pemilihan satu kursi ditunda.

Komisi Pemilihan Umum Bangladesh memperkirakan jumlah pemilih sekitar 40%. Angka ini merupakan penurunan tajam dari partisipasi pemilu pada tahun 2018 yang sebesar 80%, karena para pemilih memperhatikan kampanye oposisi Partai Nasionalis Bangladesh untuk menghindari pemilu dan menarik perhatian pada tindakan keras yang dilakukan pemerintahnya menjelang pemilu.

Pemungutan suara tersebut merupakan puncak dari kampanye selama sebulan yang diramaikan oleh protes jalanan setiap hari, pemenjaraan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Muhammad Yunus dan video viral yang menampilkan para pemimpin partai berkuasa mendorong pemilih untuk memberikan suara atau berisiko kehilangan tunjangan pemerintah.