Logo Bloomberg Technoz

Pemilu Bangladesh: Perdana Menteri Hasina Berpotensi Menang Lagi

News
07 January 2024 13:30

Pabrik garmen di Bangladesh (Jeff Holt/Bloomberg)
Pabrik garmen di Bangladesh (Jeff Holt/Bloomberg)

Arun Devnath - Bloomberg News

Bloomberg, Warga Bangladesh mulai memberikan suara dalam pemilihan umum (Pemilu). Perdana Menteri Sheikh Hasina bersiap untuk memenangkan masa jabatan keempat berturut-turut, setelah partai oposisi utama menolak untuk ambil bagian, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang legitimasi pemilu tersebut.

Tempat pemungutan suara dibuka pada pukul 8.00 pagi waktu setempat, setelah kampanye selama sebulan yang diwarnai dengan protes jalanan setiap hari, pemenjaraan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Muhammad Yunus, dan video viral yang menampilkan para pemimpin partai berkuasa mendesak para pemilih untuk memberikan suara atau berisiko kehilangan tunjangan pemerintah.

“Jika pemilu menghasilkan setidaknya 40% jumlah pemilih, hal ini mungkin akan mengembalikan kredibilitas,” kata Ahsan H. Mansur, Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian Kebijakan yang berbasis di Dhaka. “Berapa banyak pemilih yang akan hadir di TPS masih harus dilihat.”

Dengan sebagian besar pesaing Hasina berada di balik jeruji besi, jumlah pemilih diperkirakan akan menurun namun hal ini tidak akan menghambat terpilihnya kembali politisi berusia 76 tahun itu. Ia telah memimpin salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia dan mengentaskan jutaan orang dari kemiskinan sebagai bagian dari agenda pembangunannya – pencapaian yang sering kali dibayangi oleh peralihannya ke pemerintahan otoritarianisme.