Logo Bloomberg Technoz

Daftar Bunga Pinjaman Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, BTN pada 2024

Azura Yumna Ramadani Purnama
07 January 2024 08:00

Ilustrasi Bank BRI, BCA dan Bank Mandiri
Ilustrasi Bank BRI, BCA dan Bank Mandiri

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah memutuskan mempertahankan suku bunga acuan pada Rapat Dewan Gubernur pada akhir tahun lalu. Bagaimana, suku bunga kredit perbankan pada tahun baru ini?

Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 20-21 Desember 2023 memutuskan untuk mempertahankan BI-Rate sebesar 6%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.

Keputusan mempertahankan BI-Rate pada level 6% tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stabilitas, yaitu untuk penguatan stabilisasi nilai tukar rupiah serta langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5±1% pada 2024.

Selanjutnya, mengacu laporan suku bunga dasar kredit (SBDK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) rata-rata suku bunga kredit korporasi pada Oktober 2023 berada di level 8,25%, suku bunga ritel 9,49%, suku bunga mikro 10,77%, suku bunga KPR 8,91%, dan suku bunga non-KPR 9,88%.

Dalam laporan itu dijelaskan, SBDK merupakan dasar penetapan suku bunga kredit yang akan dikenakan bank kepada nasabah.Selain itu, SBDK belum memperhitungkan komponen estimasi premi risiko yang besarnya tergantung dari penilaian bank terhadap risiko masing-masing debitur.