Logo Bloomberg Technoz

Survei BI: Penjualan Eceran Proyeksi Naik November 2023

Redaksi
11 December 2023 11:10

Suasana penjualan sepatu di Taman Puring, Jakarta, Senin (25/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana penjualan sepatu di Taman Puring, Jakarta, Senin (25/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kinerja penjualan eceran pada November 2023 diprakirakan meningkat. Hal itu tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) November sebesar 209,4 atau tumbuh 2,9% dalam perhitungan tahunan (year-on-year/YoY). Angka ini lebih tinggi dibanding pertumbuhan penjualan eceran Oktober yang hanya 2,4% YoY.

Peningkatan kinerja penjualan eceran tersebut didorong oleh kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya 5,2%, subkelompok sandang 10%, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau 3,3%. Di sisi lain, kelompok peralatan informasi dan komunikasi merosot hingga 8,6%.

Secara bulanan, penjualan eceran diprakirakan tumbuh 0,9% (month-to-month/mtm), didorong oleh peningkatan kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya 3,2%, serta kelompok suku cadang dan aksesori 0,1%, karena strategi potongan harga oleh pedagang ritel untuk menarik minat konsumen.

Sementara itu, beberapa kelompok tetap tumbuh positif, meski melambat, antara lain kelompok peralatan informasi dan komunikasi (-4,5%), serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau (-0,7%) seiring dengan cuaca yang kurang mendukung.

Pada Oktober 2023, IPR tercatat sebesar 207,5 atau secara tahunan tumbuh 2,4% (yoy). Peningkatan kinerja penjualan eceran tersebut didorong oleh kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya.