Logo Bloomberg Technoz

Poin-poin Penting Hasil Pertemuan Tahunan Bank Indonesia

Sultan Ibnu Affan
30 November 2023 11:16

Gubernur BI, Perry Warjiyo Mengumumkan RDG Bulanan Bulan Juni 2023. (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)
Gubernur BI, Perry Warjiyo Mengumumkan RDG Bulanan Bulan Juni 2023. (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank sentral menggelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 dengan tema 'Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Indonesia' di Jakarta, Rabu (29/11/2023) malam.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur BI Perry Warjiyo memaparkan banyak hal terkait kondisi perekonomian saat ini dan prospek perekonomian di tahun-tahun mendatang. Bos bank sentral juga menjelaskan peluang dan tantangan yang akan dihadapi para pelaku sektor keuangan di masa mendatang.

Berikut poin-poin penting yang dipaparkan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023:

  • Tantangan Kondisi Politik dan Ekonomi Global

Perry menjelaskan negara-negara di dunia perlu mencermati tantangan global yang sedang dan akan dihadapi. Hal ini mencakup: Pertama, perlambatan dan divergensi pertumbuhan ekonomi global. Kedua, penurunan inflasi global yang lambat. Ketiga, suku bunga di negara maju yang lebih tinggi dan lebih lama. Keempat, penguatan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang regional. Kelima, pelarian modal dalam jumlah besar dari pasar negara berkembang ke negara maju. 

Untuk itu, para pemangku kepentingan perlu memperkuat sinergi sebagai kunci dari prospek kinerja ekonomi Indonesia dalam melanjutkan ketahanan dan kebangkitan ekonomi.

  • Prospek Ekonomi Meredup