Logo Bloomberg Technoz

Bank Indonesia Siap Aktifkan 3 Fitur Baru BI-FAST, Ini Daftarnya

Dovana Hasiana
06 December 2023 14:50

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) tengah melakukan persiapan untuk mengimplementasikan fitur-fitur baru dari BI-FAST. 

Deputi Gubernur BI Juda Agung menyebutkan tiga fitur baru yang dimaksud adalah bulk transfer (transfer dana dalam jumlah besar), direct debit (debit langsung) dan request for payment atau layanan yang meneruskan informasi permintaan transfer dana dari nasabah penerima kepada nasabah pengirim. Layanan ketiga ini memproses transaksi transfer dana berdasarkan persetujuan nasabah pengirim atas informasi permintaan transfer dana dimaksud.

“BI-FAST dalam persiapan untuk implementasi fitur baru yaitu bank transfer, direct debit dan request for payment,” ujar Juda dalam agenda Peluncuran Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030, di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

“Pada waktunya BI akan umumkan waktu ketiga fitur baru BI fast tersebut akan dapat dimanfaatkan masyarakat,” lanjutnya.

Menurut Juda, BI juga akan mengembangkan 5 program inisiatif sistem pembayaran pada 2024. Pertama, pengembangan sistem pembayaran retail BI-FAST yang terinterkoneksi, interoperabilitas dan integrasi dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).