Logo Bloomberg Technoz

BUMN Wijaya Karya (WIKA) Fokus Divestasi, Segan Investasi

Mis Fransiska Dewi
27 November 2023 15:02

Proyek Infrastruktur. (Dok: Bloomberg)
Proyek Infrastruktur. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Adityo Kusumo, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) menegaskan bahwa perusahaan masih dalam upaya penyehatan perusahaan melalui divestasi aset, seperti pelepasan sejumlah ruas jalan tol dan aset properti. Hal lain yang menjadi target manajemen adalah divestasi dalam ruang lingkup proyek finansial berbentuk join venture usaha pengelolaan air minum.

“Kita masih upayakan, tahun 2024 ada satu atau dua [eksekusi atas rencana divestasi], tahun 2025, satu atau dua,” jelas Adityo dalam paparan publik bersama investor, Senin (27/11/2023).

Divestasi menjadi salah satu fokus perusahaan selain menjalankan bisnis konstruksi yang tengah berjalan. Untuk itu WIKA memastikan tidak memiliki rencana investasi baru.

“Tidak ada, perusahaan lebih pada fokus mendapat capital dan modal untuk pembayaran [utang] dan menurunkan leverage perseroan,” terang dia

Strategi divestasi harus dilakukan demi menyehatkan portofolio bisnis, karena dalam jangka panjang manajemen ingin menunjukkan kepada para mitra perbankan, selaku kreditor bahwa WIKA terus melakukan perbaikan ke arah yang positif.