Logo Bloomberg Technoz

Profil Nawawi Pomolango Plt Ketua KPK yang Jarang Muncul

Pramesti Regita Cindy
25 November 2023 06:42

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango (paling kanan) di jajaran pimpinan KPK (Instagram KPK)
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango (paling kanan) di jajaran pimpinan KPK (Instagram KPK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara. Pria tersebut merupakan Wakil Ketua KPK yang berlatar belakang hakim dan cukup jarang muncul di publik. Ketua KPK Firli Bahuri diberhentikan sementara usai menjadi tersangka Polda Metro Jaya atas kasus pemerasan terhadap eks Mentan SYL.

Lahir di Manado, 28 Februari 1962, Nawawi memiliki latar belakang hakim tindak pidana korupsi (tipikor). Dia bahkan tercatat menjadi hakim yang pernah memutus perkara korupsi Patrialis Akbar yang sempat menjadi Hakim MK.

Dibandingkan Ketua KPK Firli Bahuri dan Wakil Ketua KPK lainnya, Nawawi termasuk yang jarang muncul ke publik dan membacakan hasil penyidikan atau penetapan tersangka.

Pada saat itu, Nawawi yang menjadi Ketua Majelis Hakim menjatuhkan vonis 8 tahun penjara dan denda Rp300 juta kepada Patrialis Akbar. Tervonis juga diwajibkan mengembalikan Rp4 juta dan US$10 ribu kepada negara.

Nawawi sebagaimana dirangkum dari pemberitaan media massa, juga andil dalam memutus kasus korupsi besar lainnya seperti yang menjerat Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Ketua DPD Irman Gusman.
 
Akan tetapi, Nawawi adalah salah satu pimpinan KPK yang berseteru dengan pegawai dan aktivis antikorupsi. Sejak awal, dia termasuk salah satu pimpinan yang menolak keberadaan wadah pegawai KPK -- yang anggotanya sebagian besar dipecat melalui TWK.