Logo Bloomberg Technoz

Bank Besar di Korea Selatan, KakaoBank Beli Saham SuperBank

Whery Enggo Prayogi
10 October 2023 12:15

SuperBank. (Dok: Perusahaan)
SuperBank. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank digital asal Korea Selatan, KakaoBank Corp. mengumumkan rencana pembelian 10% saham SuperBank, perusahaan perbankan yang dimiliki oleh SingTel atau Singapore Telecommunication dan Grab. Usai pengumuman rencana bisnis berupa akuisisi, saham KakaoBank naik 1,29% ke posisi 23.500 KRW.

Skema akuisisi berupa penerbitan saham baru, seperti dilaporkan Reuters, dilansir dari Nasdaq, Selasa (10/10/2023). SuperBank  dulu bernama Fama International, berstatus sebagai lembaga pemberi pinjaman. 

Perubahan nama terjadi pada Februari sekaligus sebagai upaya memperkuat layanan digital perbankan dan target perluasan akses keuangan perusahaan.

“KakaoBank akan menciptakan masa depan keuangan yang berkolaborasi dengan mitra-mitra utama di Asia Tenggara, bersama-sama membangun platform teknologi keuangan mobile, dimulai dengan Superbank di Indonesia,” kata Yun, Ho Young, CEO  perusahaan dalam rilis yang dipublikasikan.

Aksi korporasi ini sekaligus sebagai langkah perdana KakaoBank di kancah global. Perusahaan, lanjut Young, berkomitmen dalam jangka panjang dalam menghadirkan sinergi teknologi keuangan berbasis platform mobile.